Minggu, 25 April 2010

Donor Kornea, Butuh Dukungan Keluarga

If you're seriously interested in knowing about news, you need to think beyond the basics. This informative article takes a closer look at things you need to know about news.
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan donor kornea mata sangat tergantung pada dukungan dari anggota keluarga pendonor. Ketia pendonor kornea meninggal dunia, ahli waris dari pendonor kornea diharapkan bisa segera melapor ke Bank Mata agar kornea pendonor bisa digunakan.  

Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia/Bank Mata cabang Yogyakarta Wasisdi Gunawan menuturkan, dulu kegiatan operasi transplantasi kornea yang dilakukan Bank Mata Yogyakarta sangat tergantung pada kiriman donor dari luar negeri. Namun seiring dengan meningkatnya kesadaran ahli waris pendonor, ketergantungan terhadap donor kornea dari luar negeri mulai menurun.

Now that we've covered those aspects of news, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

Sekarang secara umum kesadaran ahli waris sudah membaik. "Begitu pendonor meninggal, anggota keluarga segera menghubungi kami sehingga kami bisa segera mengambil tindakan," katanya, Minggu (25/4/2010) saat ditemui di sela-sela sarasehan pendonor mata di Rumah Sakit Mata Dr YAP Yogyakarta.

Hingga April 2010, total ada 1654 calon donor mata di Bank Mata Yogyakarta. Sedangkan jumlah calon penerima donor mata mencapai 285 orang. Kornea mata baru diambil setelah pendonor meninggal dunia. Oleh karena itu, kesadaran anggota keluarga pendonor untuk melaporkan meninggalnya pendonor sangat penting.

Menurut dia, kualitas kornea sangat tergantung pada waktu pengambilannya. Begitu seorang pendonor meninggal dunia, korneanya harus sudah diambil dalam waktu maksimal enam jam setelah meninggal. Lebih dari waktu tersebut, kornea tidak akan bisa didonorkan.

It never hurts to be well-informed with the latest on news. Compare what you've learned here to future articles so that you can stay alert to changes in the area of news.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar